Bandung Adventure; Gunung Haruman, Tebing Keraton dan Taman Hutan Raya Dago Pakar


Hiruk-pikuk perkotaan kayaknya udah bikin pikiran kami berantakan. Itulah yang terjadi dengan gue dan beberapa teman gue. Bahkan si Mehonk yang biasa ngelaut pun bilang gak masalah diajak ke gunung. "Yang penting kemana kek!" gitu katanya. Maka dipilihlah gunung Puntang sebagai destinasi kita waktu itu.

Hari sudah mulai gelap, waktunya gue hidupin mobil dan berangkat. Maklum mobil gue spesialis malam. Keluar di pintu toll Semanggi gue kemudian ngejemput Debbie disana. Seperti biasa cewek mah enggak paham banget tentang lalu-lintas. Dijalan yang penuh dengan perbodden dilarang berhenti, doi asik saja bilang "ya udah tungguin dulu". Tapi karena gue jahat, gue nungguinnya di pom bensin aja sambil ngerokok (biar greget).

Muncul dari kekegelapan sosok cewek bongsor pake tas keril dan selempang yang kerepotan. Kelihatan capek banget karena harus jalan lumayan jauh dari kostannya. Haha. Enggak jauh dari pom bensin kita kemudian ngejemput Mehonk yang berada di atas fly over stasiun Cawang. Dari kejauhan tampak kayak orang yang lagi mangkal. Dengan style seperti biasa; tas kamera yang dipaksa dijadikan keril.

Setelah semuanya masuk mobil, kita kemudian langsung menuju Bandung.

Di dalem mobil si Mehonk dengan enak banget tidur di jok belakang sambil selonjoran. Sementara gue nyetir dan si Debbie sibuk ngatur playlist lagu. "Jangan molor lu deb!" kata gue. Ngeri soalnya kalau nyetir malem-malem, suka meleng.

Sekitar jam 3 pagi kita sampe di pintu masuk eko-wisata gunung Puntang. Tapi pas sampe disana si penjaganya bilang kalau untuk pendakian gunung Puntang itu ditutup enggak tau sampe kapan?. Kita semua langsung manyun, udah jauh-jauh malah dapet zonk. Tapi karena kecapean kita akhirnya numpang tidur di depan basecamp gunung Puntang yang letaknya enggak jauh sebelum pintu masuk eko-wisata gunung Puntang. "Basecamp PGPI" tertulis di papan di sebuah bangunan dua lantai yang bentuknya kayak bangunan jaman koboi.

Sinar matahari bangunin gue dari tidur lelap. Tidurnya kurang bikin gue kayak zombie yang kelaperan. Berhubung di samping basecamp berjejer warung makan, yaudah gue secara autopilot berjalan ke warung itu. Sambil nungguin mie rebus pesenan gue mateng gue mampir ke basecamp, gue teriak-teriak tapi tetep enggak ada yang nyaut. Padahal dari luar jendela keliatan banget sendal-sendal bertebaran. Kayaknya sih semalam mereka semua habis pesta, jadi sekarang tepar. Tadinya gue mau tanya gunung ini ditutup sampai kapan? bisa didaki sekarang atau enggak? dan ada gadis yang masih jomblo enggak di daerah sini?. Tapi karena enggak ada orang, akhirnya gue makan mie aja.

Beberapa menit kemudian si Debbie sama si Mehonk bangun. Ngeliat gue makan mie, mereka langsung tergoda. Malahan si Mehonk nambah pake nasi. Karena enggak ada kejelasan sama gunung Puntang, akhirnya kita nyari alternatif lain. Diantara sekian banyak option, kita akhirnya memilih gunung Haruman yang berada di samping gunung Puntang.

Setelah kita masuk ke dalam kawasan eko-wisata sambil ngeliat wajah penjaga gerbang yang keliatannya kesel banget sama kita karena ngebangunin dia subuh-subuh tadi, ditawarin masuk malah enggak mau ..eh sekarang masuk lagi. Maafkan kita pak, kita memang labil.

Gunung Haruman ini berada di kawasan radio Belanda yang sudah ditinggalkan dan yang tersisa tinggal pondasi-pondasinya saja. Gue pernah baca di suatu blog, katanya ini adalah stasiun radio pertama yang siarannya bisa sampai ke Eropa. Emejreng banget!. Namun semenjak kekalahan Belanda, stasiun radio ini langsung ditinggalkan. Sekarang dijadiin bumi perkemahan sama penangkaran Owa Jawa. Jadi selain kita bisa ngeliat reruntuhan bangunan radio Belanda, kita juga bisa kemping sama ngeliat Owa Jawa.


Numpang Makan Siang di Gunung Haruman

Setelah di plot di GPS panjang treknya sekitar 2 km. Ngeliat dari sudut elevasi dan jam yang waktu itu udah siang banget gue jadi mikir kayaknya kalau pake full equip enggak bakalan bisa sampe puncak. Mengingat juga fisik dari kita bertiga lagi enggak oke. Maklum kami "big" semuanya.

Oleh karena itu gue mutusin kalau kita bawa peralatan yang diperluin aja, jadi kita naik-turun di hari yang sama. Seperti biasa gue bawa yang paling gede isinya Kompor, makanan dan jas hujan semuanya. Sementara si Mehonk cuma bawa watepack doang dan si Debbie bawa semua peralatan lenongnya yang lumayan banyak banget di tas kecilnya.

Tapi walaupun bawain kami udah super ringan, kami enggak sampe puncak. Haha.. yasudahlah.. ngeliat yang ijo-ijo aja udah bikin gue seneng (Hulk).

Jadi ceritanya banyak waktu terbuang di awal pendakian. Enggak jelas pake jalur yang mana untuk naik ke gunung Haruman. Waktu itu kami parkir mobil di dekat jembatan menuju curug (gue lupa curug apa). Tepat di depan warung atau disamping mobil gue parkir ada tangga, enggak jauh setelah tangga yang pertama itu ada sebuah kantor. Menurut gue sih itu kantornya para-para jomblo ..eh maksudnya kantor-kantor para polisi hutan yang spesialis buat memantau Owa Jawa. Akhirnya kita nanyain ke orang yang ada di kantor itu dan si bapak langsung ngarahin jalur naik ke gunung Haruman. Di atas kantor ada tangga lagi menuju bumi perkemahan, kita ke arah kiri ngelewatin jembatan kecil. Setelah jembatan ada pos kecil juga peta eco-wisata, nah.. jalur pendakiannya ada dibelakang pos itu menuju ke atas. Karena kalau lurus setelah jembatan tadi, itu adalah jalan ke kolam cinta.

Patokan kita waktu itu adalah jalur pemantauan Owa Jawa. Kayaknya karena emang gunung Haruman ini habitat aslinya Owa Jawa. Nah.. itu juga yang harus diwaspadai kalau kita mau naik gunung Haruman. Jangan bikin gaduh, karena Owa Jawa suka datang terus gangguin para pendaki. Nyuri-nyuri makanan atau barang-barang. Yah.. mending kalau yang dibawa adalah celana dalem yang belum dicuci seminggu. Tapi, bingung juga sih.. kalau celana dalemnya diambil nanti kita enggak pake celana dalem dong? kedinginan sama masuk angin terus mengkerut. Ini kenapa jadi ngomongin celana dalam sih?. Maaf..maaf.. suka gue suka curhat.

Di sepanjang pendakian nanti kita akan nemuin beberapa pos, lumayan bisa dipakai buat istirahat. Jalur awal jalan tanah sedikit berbatu, kemudian berganti jalur bebatuan dan yang terakhir campuran tanah, batu dan akar-akar. Enggak banyak bonus trek sepanjang pendakian tapi hutannya cukup rimbun jadi enggak khawatir kita tersengat sinar matahari.


Salah satu pos di Gunung Haruman
Berhubung musim hujan dan kita kecapean di perjalanan, jalan kita jadi lambat. Apalagi kita sering bilang "SBT CBT" pas mau berangkat lagi. Jadi waktu istirahatnya super panjang.

Setelah 3 jam berjalan, kita cuma bisa menempuh 1 kilometer. Super santai banget memang. Dan karena waktu itu udah nunjukin jam 4 sore, dan tersisa 1 kilometer lagi maka gue putusin kita turun aja. Tapi sebelumnya makan siang dulu sambil hujan-hujanan.

Turun sambil hujan-hujanan, kita sampe di warung deket gue parkirin mobil sekitar jam 6 sore. Sebelumnya kita sempet foto-foto dulu di kolam cinta, yang menurut gue bentuknya enggak seperti cinta, malah lonjong enggak jelas. Eh tapi.. apa gue tadi bilang? lonjong? hemm..


Anggep aja di puncak

Trek Gunung Haruman

Jembatan di camping ground

Kolam cinta yang bentuknya lonjong
Di warung kemudian kita langsung mesen makanan, lapar enggak bisa ditahan. Tapi rasa kangen ke kamu aku tahan-tahan terus walaupun akhirnya aku sakit hati. Ini gue kenapa lagi?

Ngobrol ngalor-ngidul akhirnya kita putusin enggak pasang tenda, takut kotor dan udah gelap juga soalnya. Malam itu kita tidur di warung (tanpa tenda tapi dengan indomie sama kopi banyak banget!).

Tebing Keraton Yang Rasanya Kayak Tebing (Doang)

"Bangun-bangun" suara si Mehonk buat bangunin gue sama si Debbie, sambil ngedumel kalau dia udah ngebangunin kita dari tadi enggak bangun-bangun. Tapi pas gue bangun gue liat mangkok sama sisa-sisa bau indomie. Bisa-bisanya alesan ngebnagunin tapi sempet aja ngemie.

Setelah itu kita langsung packing dan berangkat menuju Tebing Keraton. Waktu nunjukin jam 4 pagi dan jalanan masih kosong jadi kita langsung gaspol. Di belokan Dago jalan mulai sempit, cuma terlihat dua mobil aja sepanjang perjalanan. Eh taunya pas sampe pertigaan udah rame banget kayak pasar kaget. Kita cuma boleh bawa kendaraan pribadi (mobil) sampe sini aja, sementara kalau pake motor bisa lanjut ke deket tebing keraton.

Dari pertigaan tempat parkir mobil ada segerombolan ojek udah menunggu. Tarifnya 30.000 Rupiah, tapi karena kita semua anak kuat dan sehat, sehingga kita acuhin satu-persatu ojek yang datang. Sampai 20 menit berjalan kaki harga ojek mencapai 10.000 Rupiah sampai gerbang Tebing Keraton. Kita masih enggak mau naik. "Pokoknya sampe ojeknya nawarin 2000 perak baru kita naek" Kata gue. Sementara jauh dibelakang terlihat si Mehonk sudah mencapai batasnya. Keringet sampai ke kolor-kolornya mungkin. Hingga beberapa menit kemudian kita sepertinya merasakan penyesalan yang teramat dalam karena enggak naek ojek. Soalnya jalannya jauh banget, hampir satu jam kita berjalan.

Sampai gerbang Tebing Keraton kita dipungut untuk tiket masuk (gue lupa, lagian tiap tahun kena inflasi terus tiketnya, inflasi lokal). Sampai disana kita menyusuri jalan paving block menuju tepian bukit, terlihat tepian bukit sudah dipasang pengaman berupa pagar. Juga ada bangunan seperti pusat pemantauan burung atau sejenisnya. Gue inget kakak kelas gue yang tinggal di Bandung pernah ngomong ke gue kalau ini tadinya cuma bukit biasa saja, enggak sekomersial sekarang. Dahulu sepi banget, belum dikasih pager sama paving block pula. Sekarang malah kayak pasar pagi. Dia juga pernah bilang kalau anak-anak yang sering naek gunung kayak kalian mah, ngeliat Tebing Keraton pasti sensasinya biasa aja. Dan bener aja, emang indah sih.. tapi pemandangan kayak gini mah tiap naek gunung juga pasti ketemu banyak banget.


Rame banget anjiiir
Selesai dari Tebing Kearton kami berentin di suatu warung untuk BAB. Maklum, mie semalem sudah mengendap. Akhirnya kita masih tetep jalan ke bawah. "Ah kepalang edan deh..". Setelah ngobrol-ngobrol kita rupanya haus juga, kemudian si Debbie ngajak gue dan mehonk ke tempat ngopi asik di gerbang Taman Hutan Raya (Tahura) Bandung, Dago Pakar.

Seharian Jadi Atlet Sepeda di Tahura Bandung


Ngopi dulu
Bau keringet yang bercampur asem ketek tidak mengahalagi jiwa raga kami buat ngopi disini. Armor kopi namanya. Letaknya persis di samping gerbang masuk Tahura Bandung di Dago Pakar. Disini kita disuguhi kopi yang mantap dengan suasana outdoor yang adem banget. Dibawah pepohonan pinus dan bangunannya yang terbuat hampir semuanya dari kayu menambah asri pemandangan. Tentu aja karena ada cewek-cewek bandung yang super duper gareulis. Bikin nyeruput kopinya sampai berbunyi "serupuuuuut!!".

Jangan lupa pesen pisang goreng!

Kalau kopi doang itu hampa.. seakan berlayar tapi enggak berlabuh, karedok tanpa kerupuk, cinta tanpa yang di cintai, ee tanpa rokok (lho?).

Setelah lama mengobrol, kami memutuskan untuk berkeliling Tahura. Karena naik motor mahal, kemudian kami memutuskan untuk menyewa sepeda saja. Dengan tarif 25.000 Rupiah di jam pertama dan 20.000 Rupiah setiap penambahan jam berikutnya, kami pikir ini cukup murah. Rupanya inilah mengapa kadang orang ngomong kalau "Pikiran ekonomis itu enggak selalu menguntungkan".

Dengan sangat pede-nya kami menentukan curug Omas yang merupakan spot paling ujung dari Tahura ini sebagai tujuan utama, tanpa tahu seberapa jauh dan seberapa lamanya kalau menggunakan sepeda. Bisa dibilang hampir setiap tanjakan kami TTB (Tuntun Bike) dan hampir setiap ujung tanjakan itu pasti terdapat warung atau kios-kios yang membuat kami tak mampu menahan hasrat untuk sedikit menikmati gorengan, teh manis dan semangkok mie. Walaupun kami cuma mencicipi, tapi kami cukup merasa kenyang.

Kami sempat mampir ke penangkaran Rusa, tempatnya cukup hijau (yailah.. kan rusa makannya rumput). Tapi sepertinya belum mampu membuat kami takjub, karena di Bogor udah banyak banget rusa. Jadi enggak aneh lagi. Mungkin kalau dirubah jadi penangkaran gadis-gadis cantik yang lucu, kami baru takjub. Hehe.


Penangkaran Rusa
Setelah tiga jam berlalu, melewati jalan setapak, berebut jalan dengan motor dan pejalan kaki, akhirnya kami sampai di curug Omas.

Lahan di curug omas ini cukup luas, bahkan terlihat seperti bukan curug (air terjun), malah terlihat seperti sungai dengan jembatan. Airnya cukup seperti bajigur dengan sampah-sampah disekitaran sungai, walau memang tidak sebanyak sampah di sungai Cisadane. Dan disini juga banyak terdapat monyet-monyet, jadi untuk yang membawa bawaan harus berhati-hati karena bisa saja dicuri oleh monyet-monyet tersebut.

Yang membuat syok adalah; ternyata untuk mencapai curug Omas ini lebih dekat lewat tempat yang namanya Maribaya. "What the faaaaaak!" kata gue sambil mengelap keringat yang bercucuran di muka gue. Tapi terlepas dari itu ternyata bersepeda ke tempat ini cukup menyehatkan, yah.. gue ngetik kata-kata itu cuma buat bikin gue enggak keliatan salah menentukan keputusan aja sih..


Di atas Curug Omas

"Abang lagi galau neng..."
Puas dengan curug Omas (biasanya di tiap curug gue mandi, kalau ini mah kagak bisa) kami langsung kembali pulang. Ternyata jalur pulang ini cukup banyak menurunnya. Buat yang seneng sepedahan di turunan, pasti elu suka banget!. Jarak buat kembali ke Goa Belanda, yakni tempat dimana keluar dari jalan setapak itu sekitar setengah jam saja. Super ngebut!. Sementara si Mehonk masih ketinggalan aja dibelakang.

Sempat mampir ke Goa lain yaitu Goa Jepang, walau cuma foto di depan karena kalau masuk ke dalam gelap banget.


Goa Belanda

Goa Jepang
Kembali ke tempata penyewaan sepeda dan taraaaaa... duit yang dikeluarin kalau digabung dengan seberapa sering kita mampir ke warung buat ngemil indomie itu ternyata lebih dari kita nyewa motor dua biji.

Jadi saran gue adalah; sewalah motor dan kalau kalian berpikir nyewa sepeda sambil olahraga, maka gue bilang "olahraga mah bisa di lain waktu broooo!".

Kemudian kami masuk mobil dengan bau keringet plus bau ketek yang super lengket. Sambil berangkat meninggalakan Bandung.

See you Bandung!

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri