Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri

Hidup di jaman milenial memaksa kita buat terus berdampingan dengan colokan listrik (tidur bareng colokan listrik, makan bareng colokan listrik, asal jangan mandi aja yang bareng colokan listrik). Masalahnya ketika kita traveling ke negara yang standar colokan listriknya beda dengan negara kita, kita jadi enggak bisa mengisi ulang daya gadget kita. Kemudian kita gak bisa update deh, terus stress, terus gak nafsu makan dan hilang arah.

Memang ada solusinya sih, yaitu pake socket adapter. Namun seiring bertambahnya usia kadang kita lupa bawa, atau bangkrut karena keseringan traveling akhirnya kita ngejual adapter tadi.

Tapi tenang! gue punya solusinya. (Backsound iklan, ada yel-yel "aye-aye" juga).

Tapi sayangnya solusi ini cuma berfungsi buat colokan tiga UK ke colokan dua EU aja. Ini pun hasil pengalaman gue, saran dari teman gue dan kemudian gue update ke Mark II biar lebih gampang lagi. Awalnya gue tau ini dari kakak Sartika, cuman caranya masih sedikit raw dan kasar. Tapi orangnya mah enggak kasar kok (kadang dia suka mampir ke blog gue soalnya, haha).

Jadi kalau orang Indonesia ketemu dengan colokan listrik kayak di bawah.

Colokan yang dipake di Malaysia dan Singapur (UK)
Solusinya adalah dengan ini.


Gemboknya mah gak dipake disini sih, dipakenya ke hati pacar aja biar hatinya gak dicuri oleh om-om yang lain. Aisssiiiyaaap!.

Jadi kita pake kunci gembok ini. Kenapa? karena bentuknya yang kotak dan pas banget di lubang colokan listrik UK. Tapi intinya bisa pake apa aja yang penting dia bisa masuk ke colokan listrik itu. Gue ngerekomendasiin kunci karena pasti kita secara enggak sengaja ataupun disengaja pasti bawa pas saat traveling.

Jadi colokan model tiga yang kayak di Malaysia atau Singapur itu, di bagian lubang dua yang horizontal cuma bisa terbuka, pas saat lubang satu yang vertikal ada yang masuk. Jadi yang pertama kita lakukan adalah tusuk lubang satu yang vertikal dengan kunci gembok tadi. Kemudian masukan colokan dua kita ke lubang dua yang horizontal. Kurang lebih jadinya seperti ilustrasi gambar di bawah.

Colok gan!
Jangan lupa kalau colokan kita udah masuk, kuncinya kita ambil lagi ya. Yang kuncinya enggak ada aja bisa ilang, apalagi yang kuncinya masih nyolok?.

Memang ukuran lubang dua horizontal itu enggak sesuai sama colokan kita, tapi kalau dipaksa tetep masuk juga kok. Karena pada dasarnya lubang satu yang vertikal itu cuma berfungsi sebagai grounding aja, kalau yang lubang dua horizontal itu baru arus listriknya. Jadi enggak terlalu masalah kalau kita enggak nyolok ke lubang satu yang vertikal itu.

Akhirnya kalau sudah nyolok, kita bisa ngisi ulang baterai kita deh. Kemudian live streaming lagi deh ("buka! buka! buka!") dan kita enggak hilang arah lagi deh.

Tapi inget! cara ini dipake kalau kepepet aja ya. Soalnya kalau keseringan juga bisa rusak tuh colokan.

Selamat mencoba dan selamat live streaming ..eh traveling!.

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan