Barang-Barang Yang Sangat Beguna Ketika Kita Traveling

Kali ini gue pengen ngebahas tentang barang-barang apa saja yang berguna banget dan perlu kita bawa ketika traveling. Memang gue masih tergolong newbie dalam dunia traveling atau backpackeran, tapi gue cuma pengen ngasih tau aja kalau ini berdasarkan pengalaman gue selama ini.

1. Dompet Travel

Enggak harus bebentuk dompet, tapi mungkin lebih ke pounch bag gitu kali ya?. Kegunaannya selain buat nyimpen uang valuta asing juga buat nyimpen dokumen-dokumen selama kita traveling. Dokumen semacem passport, tiket, bookingan penginapan. Intinya segala sesuatu yang bisa langsung kita siapkan sebelum kita melangkah ke imigrasi. Karena di imigrasi biasanya ditanyain berbagai macam sekaligus, tiket sama voucher booking kita.


Dompet Travel
Tapi buat negara-negara yang enggak ramah sama wisatawan mungkin enggak bisa pake cara ini. Cara yang lebih aman buat kita adalah dengan bikin salinan dokumen dan di simpen di beberapa tempat, begitu juga buat uang dan kartu kredit atau debit. Untuk passport mungkin lebih baik pake dompet rahasia yang bisa kita kalungkan atau bisa di sembunyiin di dalam baju. Jangan lupa untuk membungkusnya sama plastik terlebih dahulu, karena enggak keren kalau pas ngeluarin passport eh kecium bau keringet, mana lengket lagi.

Dompet Rahasia

2. Adapter Colokan Listrik (Steker)

Seperti kita tau kalau colokan listrik di tiap masing-masing negara itu kadang berbeda standarnya, maka wajib buat kita untuk bawa adapter colokan listrik ini. Karena semua barang elektronik kita pasti perlu di charge ulang. Adapter colokan listrik ini macam-macam bentuknya, dari yang paling murah hingga yang paling mahal dan jangan sekali-kali beli di bandara karena harganya pasti mahal banget. Gue sendiri beli online dan lebih prefer ke yang bentuknya simpel, karena gue pernah beli adapter colokan listrik yang di geser-geser pinggirnya itu enggak awet. Walaupun kita tergoda karena fiturnya lebih lengkap seperti adanya port USB langsung.


Adapter Colokan Listrik (Steker)
Sebenernya ada cara "life hack"-nya. Tapi sejauh pengalaman gue, cuma berfungsi buat colokan 3 (UK) ke colokan dua (EU) aja. Mungkin nanti bakal gue bikin entrinya khusus.

3. Multi USB Charger

Nah.. solusinya buat masalah sport USB seperti poin sebelumnya, gue pake multi USB charger. Jadi charger ini punya banyak port USB, kebetulan yang punya gue punya 6 port USB. Saran gue adalah; pilih charger yang punya fitur fast charging (2.1 Ampere). Karena kalau dibawah itu nantinya waktu pengisian baterai bakal lama. Gue pake yang merk Orico, tapi sebenarnya sekarang alat multi USB charger ini udah banyak banget produsen yang ngeluarin, bahkan ada yang punya fitur super fast charging, jadi lebih cepet lagi daripada fast charging.

Ini juga jadi solusi kalau kita cuma nemuin satu colokan listrik. Daripada antri dan enggak tau sampai kapan beresnya karena temen kita charging handphone-nya sambil live streaming. Mending kita pake multi USB charger ini biar live streaming barengan. Kemudian jadi artis Bigo deh.

Multi USB Charger

4. Powerbank

Kalau yang ini sih enggak usah dikasih tau lagi apa fungsinya. Yang jelas akan ada situasi dimana kita enggak bisa menemukan colokan listrik dan powerbank lah solusinya. Akan tetapi yang perlu di inget adalah; sekarang banyak maskapai yang menetapkan regulasi tentang powerbank. Jadi harus dicari tau dulu apakah boleh bawa powerbank atau enggak?, kalau boleh berapa maksimal kapasitas yang diperbolehkan? Atau boleh dibawa tapi biasanya dilarang buat dipake di dalam pesawat.

Powerbank

5. Dompet Koin

Mungkin banyak yang bilang "Buat apaan? gak penting!". Tapi kenyataannya penting banget lho!. Perlu kita ketahui kalau di suatu negara tertentu, koin itu mempunyai nilai yang lebih tinggi daripada koin kita disini. Jadi banyak yang pake koin buat transaksi. Contoh di Jepang banyak banget vending machine yang pake koin. Ada juga sih vending machine yang bisa pake uang kertas, tapi kan tetep aja nanti kembaliannya berbentuk koin. Biasanya karena memang harga barang yang ada di dalam vending machine itu enggak sampai nominal uang kertas di negara tersebut.

Daripada koinnya tersebar kemana-mana. Di kantong jaket, kantong celana, kantong tas atau di kantong perut (aduh ketelen). Mendingan kita kumpulin di suatu tempat yang mudah kita keluarkan sewaktu kita butuh.

Dompet Koin
FYI pengalaman di bandara Chitose, Hokkaido. Gue pernah merasakan kejadian yang memalukan dimana koin-koin di jaket gue yang saking banyaknya itu jatuh bertebaran kemana-mana sewaktu gue buka jaket buat ngelewatin mesin x-ray. Untungnya orang Jepang baik-baik, mereka nolongin ngumpulin uangnya. Kalau di Indonesia sih mungkin udah mah diketawain, duitnya-pun hilang entah kemana karena dikira saweran kawinan.

6. P3K & Elastis Band

Karena mungkin di perjalanan kita megalami sakit perut, pusing, cedera atau mabuk cinta ..eh mabuk perjalanan. Ini penting banget, karena di luar negeri itu obatnya kadang enggak ngefek sama orang indonesia dan juga lebih mahal. Jadi memang kewajiban banget.

Buat elastis band. Karena kalau kita traveling itu banyak banget jalan kakinya, apalagi di luar negeri. Kadang lutut kita kelelahan dan sakit, jadi biar enggak makin parah kita perlu pake elastis band. Kalau di Indonesia sih, ke warung depan komplek aja pake motor.

Elastis Band buat dengkul
***

Itu aja dari gue, barang-barang yang berguna banget waktu kita traveling. Mungkin ada barang yang lain juga. Tapi sejauh perjalanan gue baru yang tadi disebutin aja.

***

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri