Qatar

Mungkin kalian pernah ngeliat, di timeline facebook atau twitter lu masing-masing. Temen-temen lu sharing foto-foto mereka sewaktu di luar negeri atau obrolan di group chatting seputar hal-hal travelling luar negeri. Tapi lu cuma bisa apa? Cengo. Terus lu mikir "Kayaknya gw gak bakalan bisa ke luar negeri, makan aja sama tempe orek mulu". Tentunya gak semuanya pake tempe orek juga, mungkin sebagian makannya cuma sama kerupuk. Duh..

Kebetulan waktu itu pas kakak gw yang pertama pulang dari Qatar. Gw diajakin buat nemenin nyokap gw ke Qatar, sekalian umroh juga katanya taun depan. Jujur sih bagian umrohnya mah gw gak tertarik, haha.. parah banget gw. Tapi pikiran gw ngawang-ngawang ke Qatarnya. "Wah bisa ke sirkuit Losail nih.. keren" kata gw dalem hati. Tapi masih kepikiran juga cuti gw yang otomatis langsung ludes kalau gw kesana. Yang berarti gw gak bakal bisa jalan-jalan bareng temen-temen gw lagi. Kecuali kalau gw jalan sendiri. Karena biasanya gw yang harus berkorban cuti karena jadwal gawe gw yang beda.

Yaudahlah, gw pikir juga kasian nyokap gw kalau jalan sendirian nanti di bandara. Akhirnya setelah beberapa bulan alias gw ngumpulin duit dulu, gw ke imigrasi buat bikin passport.

Ternyata masalah passport itu urusan gampang. Gak kayak yang orang-orang lain cerita yang katanya susahnya bakal seperti kayak lu bikin SIM yang di persulit sama petugasnya. Tapi ternyata kalau persyaratan lu lengkap dan alur lu sesuai aturan ya lancar-lancar aja.

Yang sulit malah request buat cuti. Susahnya setengah mampus!. Lu musti bulak-balik ke boss besar, nungguin boss yang cuti juga dan mintain tanda tangan ke temen-temen yang mau ngebackup lu. Terpaksa gw musti melas-melas soalnya tiket pesawat udah dibeli. Kalau belum mah gw ogah deh, harga diri gw diinjak-injak kayak gitu. Haseeek B).

***

Akhirnya travel dateng ke rumah, gw sama nyokap gw kemudian masuk ke dalem mobil yang ternyata udah penuh. Tapi kemudian si bang supir bilang kalau ada satu penumpang lagi. Akhirnya gw duduk di belakang sambil jagain koper. Sesekali kopernya nindih gw dan gw hanya bisa pasrah. :(

Sekitar jam 3 sore kita sampe di airport, disana kita ketemu sama bu Mimin yang diajak keluarganya juga kesana. Kemudian kita check-in. Karena baru pertama kali gw ke luar negeri, gw sempet kebingungan juga ngelewatin imigrasinya. Tapi yang parah adalah gw lupa kalau harus bayar airport-tax, eh walhasil duit di dompet gw abis tinggal goceng. Mampus gw! ke Qatar cumen bawa duit goceng doang!.

Kemudian kita masuk pesawat. Disini gw udah ngerasa kayak di luar negeri. Pramugarinya ngomong English semua. Kampret.. gw kaget, gak tau musti ngomong apa secara bahasa Inggris gw pas-pasan banget.

8 jam mengudara. Di pesawat pas gw enak-enak tidur gw disodorin makanan. Apaan nih? Sahur?. Yaudah kemudian gw tolak "No thanks, i'm full". Lagi mimpi enak-enak juga.

Emang beda banget sih sama pelayanan dalem negeri. Disini ada fasilitas entertainment yang cukup, makan dua kali, ee lima kali ..eh dan take off sama landingnya juga mulus, gak kayak li** air.

***

Hingga terlihat lampu-lampu di luar jendela, wah itu kota Doha. Kita sudah nyampe di Doha. Sesaat kemudian kami landing, gw pede aja lepas jaket gw. Dalem pikiran gw, "Arab nih!, pasti panas banget di luar". Eh pas gw keluar ternyata "Anjriiit! dingin banget! kayak di puncak!". Gak lama gw make jaket gw lagi.

Setelah naek bus dan turun di gate, kita ngelewatin imigrasi. Gw ditanya "where you come from?". Gw jawab "Indonesia". "Oh.. Jakarta?" kata si black. Gw iya-in ajalah biar dia seneng, padahal mah gw orang Bogor wee.

Seudah semua bagasi diambil kita kemudian keluar dan langsung disambut a Andri sama keluarganya. Gw ditanya "Gimana 8 jam dipesawat?". Gw jawab "mantap", padahal mah pengen gw tambahin lagi tuh "aa, Adit mah naek kereta berdiri 13 jam aja udah biasa. Ini mah luar biasa".

sampe di Doha


Di parkiran gw kaget, lha ini mobil gede-gede banget yah? mobil cc yang gede kayak gini kalau di Indonesia mah gw yakin bakal bikin dompet bolong. Gak kuat cuy bensinnya. Sementara jalanannya sepi banget, mungkin karena sudah jam 2 pagi juga kali yah. Sempet nyasar karena jalanan yang biasanya lagi ditutup, akhirnya kita sampai juga di Al-Khor. Katanya sih Al-Khor ini kampung, lha kalau itu kampung gimana dengan mancak? prasejarah gitu?.

-AL-KHOR COMMUNITY-

Mirip kayak perumahan karyawan gitu. Katanya sih disini tempat tinggalnya karyawan dari berbagai macam perusahaan. Hingga sampailah kita ke tempat tinggal kakak gw disana. Bentuknya kayak apartemen gitu, tapi cuma terdiri dari 12 keluarga. Didalemnya ada 3 kamar, 2 kamar mandi, dapur sama ruang tamu. Wah pokoknya nyaman banget deh. Tadinya gw kira modelnya kayak di restoran-restoran middle-east gitu. Banyak lampu-lampu jin gitu, hehe.

Kemudian kami nge-mie rame-rame. Tetep aja gak ada yang bisa ngalahin mie Indonesia ya. :D. Dan kemudian tidur.

***

Hari pertama di Qatar, gw bangun jam 10 siang. Siang banget, tapi maklum sih kalau istilah kerennya mah jet-lag karena beda 4 jam sama Indonesia. Bangun-bangun gw merinding, "Buseeet dingin amat yaq?". Gw liat di luar berkabut banget, aura dingin keluar dari sela-sela pintu. Curiga aja ada bekas lakban disisi-sisi pintu, si teteh kemudian bawa lakban buat nutupin celah pintu tadi. Biar gak dingin katanya.

Kemudian tinggal gw sama nyokap gw di rumah karena si Izzan sekolah, si aa sama teteh sama Faliqa lagi ke pergi ngurusin buat Visa umroh.

Kemudian dinginnya semakin menjadi, gw gak tau berapa derajat. Tapi pas gw keluar rumah itu rasanya ada di dalem es. Dinginnya beda sama dingin kalau di Puncak-Bogor, dingin disini bikin kulit lu kering. Bibir gw kering, betis gw jadi bersisik. Sampe nyokap gw aja uring-uringan karena kedinginan, dia kemudian pake jaket. Hehe. Eh ternyata gw sadar kalau ada alat penghangat ruangan, pas gw nyalain jadi rada mendingan lah.

Hari pertama gak banyak yang dilakukan, paling belanja-belanja pakaian ihram buat nanti umroh sama makan malem. Nah.. yang paling penting kalau makan disini adalah kita harus bawa sambel atau saos, karena makanan disini semuanya gak pedes. Beda banget sama makanan Indonesia yang rasanya bermacem-macem. Adapaun sambel-sambel gak jelas gitu, baunya kayak minyak angin dan rasanya juga kaya minyak angin, atau jangan-jangan itu memang minyak angin? :O. Biar para pelanggannya gak pada masuk angin gitu.

***

Bangun di hari kedua gw di Qatar, hari ini gw gak bangun siang. Yah.. jam 8an lah (siang juga keles). Kakak gw ngajakin gw mancing, yaudahlah gw ngikut daripada cengo di rumah.

Kita ke barat Qatar, ngelewatin medan offroad gitu. "Ini nih yang gw suka, labas pasir!" kata gw dalem hati.

Sampai di spot mancing kita ketemu sama temen kakak gw, dia dari Padang. Di spot mancing kakak gw sama temennya sibuk ngurusin gawean, gw gak perduli lah masa gw udah cuti banyak-banyak malah ngomongin gawean juga?. Pasang umpan lemparin kail, eh gw langsung dapet ikan. Laha ini kok mancingnya gampang banget? apa ikan-ikan disini belum pada berpengalaman? hingga gw keasikan mancing karena gampang banget kemudian handphone berdering. Si teh Meila nelpon katanya nyuruh pulang, udah siang. Saking asiknya.

Sore hari kami berkunjung ke Qatar Islamic Musseum. Disini banyak banget benda-benda peninggalan peradaban Islam. Gak cuma di Qatar tapi dari banyak negara seperti Turki, Mesir, Irak dll. Islam juga punya cita rasa seni tinggi ya, dulu gw pikir cumen kaligrafi aja.

Burung-burungan

salah satu ruang pameran
Ruang pamerannya sendiri terdirri dari 4 atau 5 lantai, berbentuk lingkaranran. Sementara di tengahnya terdapat kubah yang bagus banget. Di atas ada semacam skywalk gitu, jadi kita jalan diatas kaca. Ngeri sih tapi tegak lurus skywalk itu ada pemandangan ke luar bagus banget, pemandangan langsung ke laut.

gw sama nyokap gw plus Izzan
***

Tanggal 11 Februari di Qatar, hari ini adalah hari olahraga nasional di Qatar yang jadinya hari libur juga. Gw sama nyokap gw diajakin ke perayaan National Sport Day perusahaan kakak gw di Khalifa Stadion. Untung gw bawa baju olahraga, emang niatnya pengen jogging juga disana.

Gw kira nyampe sana bakalan olahraga gitu, eh taunya ibu-ibu Indonesia udah pada ngampar aja pada ngeluarin makanan. Ada bihun, gorengan. Lha ini kok kayak di Sempur? x_x.

Sebenernya gak ada yang terlalu spesial sih di acara ini, cumen keliatan banget kalau orang Qatar itu mencintai banget olahraga. Yaialah.. sampe jadi hari libur nasional. Sementara di Indonesia orang-orang pada banyak yang obesitas, salah satunya gw. Eh..

Gw jadi karyawan gelap
Selesai membobol makanan di acara tempat gawe kakak gw, kita langsung menuju Sea Land. "Ajiiiib pantai!" kata gw. Jalannya jauh dan sedikit offroad. Hingga terlihat gundukan pasir yang tinggi-tinggi. Disekitarnya juga banyak banget kendaraan offroad yang melaju kencang semacam ATV dan mobil rally. Kita mampir di sebuah padang pasir, anak-anak keccil langsung aja pada naek-turun gak berenti-berenti. Sementara yang tua-tua naek sekali aja udah ngos-ngosan. Satu yang gw suka selama disini; langitnya bagus banget, biru banget. Entah karena emang musimnya atau memang begini?.

Padang pasir deket Sea Land

Nyokap gw dan teh Meila
Jujur aja kalau masalah pantai mah bagusan di Indonesia, tapi bukan yang jelas bukan Anyer. Kalau disini pantainya gak ada yang jualan sama sekali, tapi yang gw seneng disini selain gratis juga airnya bening.

Sea Land
Sore hari kami meninggalkan Sea Land dan jejak kaki kami disana (Ca'elah). Kembali ke Al-Khor. Ohiya sebelum ke Al-Khor kami sempet makan sore di restoran Indonesia deket sana. Makanannya enak ada sop, nasi goreng dan lain-lain. Ini sebetulnya yang gw kangenin, masakan Indonesia!!! hahaha.

***





Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri