RINJANI Part 5: Danau, mancing dan lautan bintang

Siang hari setelah summit kami istirahat sebentar sebelum sore harinya kami berangkat ke danau. Kata para porter sih jalan ke danau cumen 2 jam. Yaudah makanya kita sempetin dulu istirahat.

Setelah packing kami bergegas turun ke danau. Jalan ke danau segara anak ternyata gak seperti yang gw pikir. Tadinya gw pikir kalau jalannya itu langsung turun. Ternyata jalannya melipir dan jauuuuuuuuuh. Si kampret porter itu mungkin jalan ke danau sambil lari. Gw yang berangkat sore jam 3an waktu itu sampai magribpun belum nyampe. Mungkin juga karena ada tragedi di sepanjang perjalanan pulang. Tragedi dan drama. Haha.

Haus

Awal perjalanan kami disuguhi jalan berbatu terjal dan gede-gede dan bentuk trek yang zig-zag sampai bawah. Ini sangat menyiksa, apalagi kalau elu pake tas depan belakang. Disinilah tragedi si benjol terjadi. Anjar dan cucu sedang berantem saat itu, setelah beberapa hari sifat manja si cucu keluar dengan bringasnya. Gw juga baru ngeliat. Mungkin emang sifat cewek kayak gitu kali yah.

Seperti biasa gw leader yang merangkap swipper. Emang karena berat banget sih tas gw, jadi sengaja jadi swipper biar bisa nyolong-nyolong istirahat. :D.

Kembali lagi ke tragedi. Pada saat itu kita dihadapi oleh trek terjal dan berbatu, jadi harus sedikit "climbing" buat ngelewatinnya. Berbeda dengan anjar, dia tidak "climbing" tapi ngajol "jumper" (mungkin karena keuntungan kakinya yang panjang). Hasilnya dia nyampe bawah pertama kali. Sementara si cucu kebingungan mengambil pijakan. Padahal posisinya sudah benar (menghadap dinding). Dikala hatinya yang ruwet karena berantem sama anjar, ditambah dengan arahan si haqi yang malah membuat bingung. Akhirnya kaka cucu terpeleset dengan kepala duluan menuju semak-semak yang kemudian kepalanya tadi tertimpa tas kerilnya.

"Njar! Si Cucu ragak Njar" kata gw.

Kemudian si Anjar langsung ngeloncat lagi seakan batu-batu terjal itu gak pernah ada. Kemudian kita semua menghampiri kaka Cucu.

Pas diliat gak ada luka serius, cumen benjol di bagian dahi yang super besar. Gak nangis padahal. Tapi nangisnya karena dibentak si Anjar.

"Dibejaan teu ngawaro sih!" Kata Anjar.

Langsung kaka Cucu berkaca-kaca. "Aku jatoh malah dimarahin" kata kaka Cucu.

Gw dan yang lainnya sibuk ngeliatin sambil makan popcorn. Haha.

"Olesin dulu nih thromophob" kata gw. Kemudian kita semua melanjutkan perjalanan.

Dari sini trek berubah menjadi melipir lembah. Disisi kiri kami terdapat sungai aliran dari danau. Setelah sangat-sangat malam tiba-tiba gw merasa pusing dan kecapean. Gw pikir gw udah nyampe batesan gw nih. Bahaya kalau gak cepet sampe, gw bisa pingsan di jalan. Akhirnya gw, Haqi dan Iqbal meninggalkan kaka Cucu, Anjar dan om Dody di belakang buat nyiapin tenda sama makanan dan sekalian buat gw juga langsung bisa istirahat sedikit.

Gw, haqi dan iqbal akhirnya sampe tepian danau, sekitar jam 9 maleman, sementara kaka cucu dll nyampe 1jam lebih kemudian. Sebelumnya di trek yg kita lewatin terlihat jalur lain menuju goa susu kalau gak salah, yg merupakan trek ke-3 rinjani yg langsung danau.

Setelah diriin tenda dan ganti baju akhirnya kita masak. Gw waktu itu masak popmie, dan itu pop mie terenak yg pernah gw makan. Setelah itu gw terkapar tak berdaya, gw gak tau lagi. Tapi kata temen-temen sih gw langsung tidur. Haha.. saking teparnya.

***

Hari kedua di danau..

Team Cilukba


Pagi itu pemandangan sangat menakjubkan. Gw ngeliat dinding kaldera yang menjadi dua/kembar karena akibat pantulan air danau. Langit begitu cerah gak kayak kemaren. Yang lainnya sudah sibuk memancing, tapi sekuat apapun berusaha hanya dapat ikan segede kelingking saja. Anda kurang beruntung. Eh.. akhirnya kita mutusin buat beli ikan aja yang gede di bapak2 yang minjemin joran buat mancing tadi. Terus kemudian di foto biar sangkanya dapet mancing sendiri. Haha.


Mancing mania! mantap!

Makan Siang

Makan Bareng

Kemudian kita ngegoreng ikan, masak nasi dan lauk lainnya. Terus makan rame-rame di sebuah flysheet yang di bentangkan ke tanah. Gak lupa sambal terasi dihidangkan. Demm.. itu makan pagi eh siang yg terindah yang pernah gw lakuin. Kemudian abis makan kita langsung leyeh-leyeh di flysheet.

Kemudian kita foto selfie bersama.. Hehe..

Ngaso

Terlihat di tenda sebelah, rombongan dari bekasi sama bandung mencoba membakar ikannya. Eh.. ternyata enggak mateng, langsung dibuang semua. x_x

Hari beranjak sore, kita kemudian memutuskan untung mandi (setelah berhari-hari). Tapi untungnya mandi air panas. Iya ternyata di sisi tempat air danau mengalir menjadi air terjun ada air panas yang keluar dari sela-sela batu. Kemudian bercampur dengan air dingin. Banyak banget bule-bule yang pada mandi disitu, walaupun kolamnya memang kecil. Tapi sebenernya ada kolam lain yang lebih besar yang bisa dijadiin tempat berendem, namun cumen aktif pas musim tertentu aja. Untuk sementara kolamnya penuh sama kotoran. Gak tau deh kotoran apa.

Datanglah dua orang bule oriental yang berpasangan. Ceweknya cakep banget, semacem bintang film hongkong. Bukan film yg aneh-aneh ya. Hahaha. Pas gw tanya.

"Are you two on honeymoon?".

Mereka geleng-geleng kepala doang sambil ketawa-ketawa. Wah.. kayaknya semacem "get lost together with you" gitu nih. Hemm.. so sweet :3.

Kemudian gw tanya lagi.

"Where are you come from? Chinese?"

Mereka jawab "England". Kata gw "Hah? Japan?". Aduh telinga gw error banget.

Mungkin karena pikiran gw tertuju pada bikini yg cewek itu pake. :p

***

Hari beranjak malam, kami sudah berada di tenda. Sebelumnya kami sempat mengambil mata air dulu di rute jalan ke mata air panas tadi. Ada rambu jalannya. Sedikit masuk lagi ke hutan. Karena kita gak bisa minum air danaunya seperti danau ranu kumbolo. Mungkin terlalu banyak belerang.

Setelah makan kemudian kami menghamparkan flysheet di depan tenda kami. Shalat magrib dan shalat isya berjamaah bersama dengan rombongan yang lain. Tak lama kemudian kami berbaring sambil melihat bintang. Lautan bintang. Kami bercerita dan bercerita, tentang hidup, tentang cinta (ceileh), tentang arti semua ini.

Bintang-bintang sekali jatuh. Gw dan yang lain langsung mengucapkan permintaan. Hehe. Tapi eh ternyata banyak banget bintang jatuh pas waktu itu. Gw gak berhenti bersyukur dalem hati. Kalau gw udah dikasih kesempatan buat kesini, ngeliat semuanya.

Kemudian obrolan menjadi lebih ke arah memojokan gw. Akhirnya gw kabur ke tenda dan tidur di tenda. Selain hal itu juga emang karena udah dingin banget sih di luar.

***

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri