Handphone Pertama

Jadi beberapa minggu yang lalu gue baru aja beli handphone. Bukan iphone 11 pro max tapi Nokia 6600 yang super jadul banget. Gue kepikiran aja beli handphone ini karena dulu emang suka banget sama bentuknya, jaman dulu kalau elu pake handphone Nokia 6600 di tahun 2004, elu pasti otomatis jadi orang paling keren di sekolah, gak perduli seberapa jeleknya elu. Hahaha.

Tapi cerita tentang handphone atau gue singkat aja jadi "hape" biar cepet. Gue pertama kali pegang hape itu pas gue SMA kelas 2 (atau kalau sekarang mah kelas 11). Kenapa gue bilang "pertama kali pegang hape" itu karena memang itu bukan hape yang dibeliin khusus buat gue.

Jadi ceritanya dulu itu kakak gue mau persiapan kawin, butuh alat komunikasi banget karena repot juga kalau tiap kali mau nelpon itu harus minta tolong dulu ke tetangga. Walaupun tetangganya masih saudara, tapi ya tetep aja enggak enak kalau keseringan. Sebenernya dulu juga keluarga gue punya telepon rumah, cumen karena krisis moneter mungkin, jadinya telepon rumah itu diputus sama Telkom. Karena itu akhirnya kakak gue ngasih hape Nokia 8210 ke nyokap gue, buat koordinasi.

Tapi gue pas jaman SMA itu kan perlu banget buat komunikasi, buat tugas dan segala macem. Akhirnya gue ambillah hape nyokap gue itu. Jadi gue bawa-bawa terus kalau gue pergi. Ya gimana? temen-temen gue udah pada bawa hape semua waktu itu dan mereka ngomongin tugas segala macem ya pake hape. Pokoknya gak ada sama sekali pikiran kalau gue ambil hape itu buat gaya-gayaan.

Lama-lama mungkin kakak gue heran. Kok tiap nelpon yang ngangkat gue mulu? dan di bawa di luar rumah mulu? akhirnya gue dimarahin tuh. "Gue kasih hape bukan buat lo! tapi buat si mamah!". Gila langsung sedih gue diomongin kayak gitu, sempet nangis juga terus gue ngomong "Tai lah.. ntar kalau gue gawe gue bakal beliin buat semua! gak bakal susah kayak gini lagi!"

Sempet gak pake-pake hape itu lagi selama beberapa bulan, tapi setelah kakak gue kawin akhirnya gue pake lagi sih. Wkwkwk.

Gue pake hape itu sampe kelas 4 SMA (atau kelas 13 kalau di konversi sama kurikulum sekarang), tapi gak ada juga sih SMA yang sampai kelas 13. SMA gue doang yang 4 tahun, karena dari dulu emang gitu.

Singkatnya selama gue pake, hape itu lama-lama udah semakin sering bermasalah. Dari baterai nge-drop, sering restart, sering nge-brick sama LCD-nya pudar. Jadi kadang gue musti dijemur dulu hapenya, kemudian muncul lagi deh item-itemnya di LCD itu. Kocak juga sih kalau di inget-inget sama kesel sebenernya sama itu hape, tapi gue masih tetep butuh. Jadi ya gitu aja udah sampe kelas 4.

Kemudian gue lulus dari SMA dan hape gue masih pake hape itu. sampai tibalah gue musti ngelamar-ngelamar gawe. Pada saat itu gue berharap sama kakak-kakak gue nih pada nyadar lah ini adeknya butuh hape yang proper buat ngelamar gawe. Cumen karena mereka mikirnya kalau ngelamar gawe itu masih pake sistem surat kayak mereka jaman dulu mungkin. Jadi ya.. diem-diem aja udah, mikirnya semua sudah terkendali.

Hingga suatu saat gue nerima panggilan telpon buat wawancara dan telponnya mati di tengah-tengah karena baterainya nge-drop. Lebih dari sekali gue nerima telepon kayak gitu. Sedangkan waktu itu udah hampir sembilan bulan gue nganggur. Akhirnya gue ngomong ke nyokap gue. "Mah.. beliin hape atuh.. masa tiap ada telpon wawancara kerja, telponnya mati terus? kapan dapet kerjanya ini?" sambil sedikit nangis gitu.

Akhirnya gue sama nyokap gue pergi ke BTM, salah satu mall yang ada di bogor. Nyari hape dengan budget 200-300rb (kalau gak salah). Akhirnya gue milih Nokia 1100, karena waktu itu temen gue juga ada yang hapenya kayak gitu. Lu tau kan hape Nokia yang ada lampunya, yang bisa dipake buat kemping sama ngeronda, nah yang itu hapenya.

Gue seneng banget sih waktu itu. Walaupun hapenya second tapi hape kali ini beneran hape buat gue sendiri. Walaupun keypadnya udah kotor juga gak masalah, yang penting kalau nelpon enggak ngedrop baterainya.

Gak lama kemudian akhirnya keterima gawe, punya uang sendiri. Tapi tetep waktu itu hape Nokia 6600 masih gak kebeli. Wkwkwk.. masih aja kere.

Karena udah terlalu lama, akhirnya Nokia pun tenggelam dan gue pun enggak sempet ngerasain hape-hape Nokia yang ada Symbiannya itu.

Kalau di inget-inget ini list hape yang sempet atau yang gue punya:

  1. Nokia 8210 (Bukan hape gue asli)
  2. Nokia 1100
  3. Nokia 1200 (Yang 1100 gue kasih nyokap)
  4. Motorola RAZR (Dapet nemu)
  5. Ericsson R310s (Hiu, tahan banting katanya tapi rusak pas gue banting)
  6. Samsung C170 (LCD-nya rusak sama temen)
  7. Nokia C3 (Kemudian gue kasih ke adek gue)
  8. Blackberry Gemini (Biar bisa BBM-an sama gebetan)
  9. Nokia Lumia 925 (Kameranya keren, tapi ilang jatuh pas naek motor)
  10. LG Optimus One (Di kampus gue orang pertama yang pake Android, anjir sombong. Tapi kemudian boot loop karena keseringan di flash)
  11. Galaxy Mega (Gede bet kayak talenan, hasil nyicil ke temen gawe)
  12. Asus Zenfone 4 (Bengkok karena sering kedudukin pas gue taro di kantong celana belakang)
  13. Xiaomi Redmi 4x
  14. Evercross (lupa tipenya, tapi gue kasih adek gue karena hape dia rusak lagi)
  15. Huawei Mate 20 Pro (Pertama kali nyobain hape flagship, eh di banned sama Amerika. Fak!)
Itulah hape-hape yang gue pernah punya atau masih punya.

Tapi kayak yang gue pernah bilang ke diri gue sendiri dulu pas masih pake hape yang pertama. Pas gawe gue beliin nyokap gue sama adek gue hape. Jadi mereka gak ngerasain kesusahan kayak gue dulu. Ya okelah ya.. walaupun adek gue sering banget ilang hapenya. Gue beliin beberapa kali. Enak bet ya anak muda jaman sekarang. Dikasih buat sendiri malah di hilangin. Gak ngerasin pedihnya dan sulitnya buat punya hape.

Sekarang impian gue buat punya hape sendiri dan khususnya Nokia 6600 udah tercapai. walaupun yang Nokia 6600 ini juga enggak kepake juga sih akhirnya. Tapi yang penting bisa ngerasain nonton 3gp di hape. Wkwkwkwk.

Baterainya nge-drop juga! Fak!




Comments

Popular posts from this blog

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri