RINJANI Part 4: Summit attack yang menyiksa



Alarm jam 1 malam mengusik tidur gw. Segera gw bangunin Haqi buat masak, packing dan siap-siap berangkat summit attack.

Udara malam ini begitu dingin, hujan gerimis yang menambah ketakutan gw akan summit nanti. Gw liat ke arah puncak udah banyak banget lampu-lampu yang berjejer ke atas. "Malam ini malam penentuan!" Kata gw dalam hati.

Bergegas gw menuju tenda kedua. Tenda dimana Anjar, Cucu, om Dodi dan Iqbal bersemayam. Pas gw buka tendanya, eh masih pada selimutan. -__-. "Ini pada niat enggak sih?"

Sementara si Iqbal sibuk nyariin dompetnya yang ilang. "Kayaknya ilang pas di tempat yang tadi deh, soalnya gw duduk lama disitu" kata si Iqbal. Di tengah gerimis hujan yang begitu ekstrim. Ditambah dinginnya udara tengah hari kami akhirnya. Akhirnya sarapan dulu lah, masa langsung summit dengan perut kosong?.

Setelah selesai makan dan packing, kemudian kami berangkat summit.

***

Di tempat si Iqbal kehilangan dompet, kami langsung nyamper temen-temen yang lain. Eh ternyata mereka juga pada selimutan. "Duluan aje deh, diluar ujan banget. Ngeri gw" kata preman Bekasi. Yaudah akhirnya kami pergi tampa mereka. Sementara disisi lain si Iqbal berhasil nemuin dompetnya. Untung aja ketemu, soalnya kepikiran juga kalau kita musti ngongkosin si iqbal sampe surabaya. Hehe..

Ditandai dengan camp para MTB. Terlihat sepeda All Mountain kelas super berjejer rapi. Waktu itu gw belum nyemplung dalem banget ke dunia sepeda, jadi gw cuekin aja. Kalau udah tau mah mungkin udah gw colong tuh sepeda. Hahaha.. *tertawa licik*

Debu langsung menyambar. Jalan pasir ini ngebuka kenangan gw akan summit attack di semeru. Gw hapal banget penderitaannya. Ditambah sekarang ditemenin hujan gerimis yang bikin suhu waktu itu sangat sangat sangat dingin.

Kesalahan gw adalah bawa headlamp mahal tapi mental kacang. Headlamp Diamond gak rekomended banget, mending Energizer. Udah murah, tahan cuaca pula. Walhasil gw waktu itu berjalan di kegelapan. Tapi untungnya cahaya bulan cukup menerangin jalan yang dituju. Seperti biasa kalau medan berpasir seperti ini adalah; elu naek dua langkah, turun selangkah. Ini yang bikin lama, ini yang bikin cape. Udara dingin juga bikin elu mengantuk. Tapi resikonya adalah; kita tidur dan mungkin gak akan bangun lagi.

Jadi sesema teman musti saling membangunkan disini. Sempet beberapa kali si Cucu sama si Anjar ketiduran. Terus kemudian gw bangunin.

Bahaya yang kedua adalah edema. Atau paru-paru basah. Dimana udara terlalu dingin kemudian masuk dan mengembun di paru-paru elu. Walaupun kita udah pake masker tapi sebaiknya dalam rentang waktu tertentu elu minum air. Biar ngehindarin edema itu.

Setelah beberapa jam kemudian kami istirahat di sebuah sela batu. Si iqbal yang sebelumnya ngacir entah kemana, akhirnya ketemu juga disini. Cukup gila juga dia summit pake celana pendek. Tapi emang doi udah gila.

Kami juga sempet ketemu orang yang kedinginan, kalau gak salah dia orang Malaysia. Yang kemudian di kerubunin sama temen-temennya. Setelah sekian lama langit mulai berubah terang, tapi sayangnya tidak cerah. Iya gerimis masih setia nemenin kita.

Puncak Rinjani 3726 mdpl

Akhirnya gw sama temen-temen sampe di puncak. Sedikit bergembira karena kami lebih nahan dingin daripada harus mengekspresikan muka bahagia. Gak terlalu menyenangkan kayak waktu di Semeru memang, karena sangat sangat sangat menggigil. Bahkan si Anjar-pun nyumput dan tidur dibalik jas hujannya. Sedangkan si Cucu keukeuh pengen nungguin cerah setelah hampir sejam kita di puncak.

"Ayo pulang Cu!" Kata gw.

"Enggak ah, nanti nunggu cerah dulu" kata si Cucu.

Yang ada hipotermia kita klo kelamaan disini. Tapi karena keukeuh, dan ada Anjar juga yang jagain. Akhirnya kita meninggalkan Cucu dan Anjar di puncak. Tapi gw curiga, mereka ngapain ya di puncak? Hemm.

Haqi deket spot ee
Ohiya, gw belum cerita pemandangan di puncaknya. Disana seluruh pulau Lombok keliatan, bahkan sampai ke lautnya. Yang keren adalah kalderanya, gunung muda keliatan jelas. Warna air di danau ternyata beda-beda. Mungkin karena kedalemannya atau karena tingkat kandungan belerangnya. Keren banget. Gw bersyukur udah pernah kesana.

Balik lagi. Kita akhirnya turun. Gw, Haqi dan Iqbal sempetin foto-foto dulu. Setelah sadar ternyata tempat kita foto itu ada ee orang. Buset ini stresa banget yang ee disini? -__-. Seketika illfeel.

Di jalan pulang kita ketemu dengan rombongan Bekasi sama bandung. Mereka naek siang-siang. Gw mah kepikiran panasnya. Jalan panas diem kedinginan. Yasudahlah. Setelah sempet mampir ke mata air, akhirnya kita kembali ke camp.

Tapi jangan hanya tau keindahan dari jarak jauhnya aja bro. Disana banyak banget sampah, terutama sampah tisu basah. Orang Indonesia cumen bisa nikmatin dan bercerita, tapi tanggung jawabnya payah. Gak kayak naek gunung di negara-negara maju.

***

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri