Why I'm Getting Fat

(19/03/2012) kenapa gw menjadi gemuk? gw berpikir lama dan mengingat-ingat kejadian masa lalu. masa-masa kehancuran gw.

dan inilah sebabnya..

1. jarang olah raga

kegiatan waktu gw dahulu terlalu menyita waktu. kerja dan kuliah menghabiskan banyak stamina. yup! stamina, stamina itu berarti daya tahan tubuh dan otak bukan seberapa banyak lemak yang terbakar. iterlalu banyak kegiatan membuat kita berkurang waktu tidur, yang pada akhirnya kita memilih untuk mengistirahatkan otak daripada melakukan olah raga.

2. mempunyai kendaraan yang tidak sehat

kendaraan yang tidak sehat ini misalnya motor, mobil, truk, pesawat dll. sesuatu yang tidak mengeluarkan tenaga banyak untuk mengendarainya. sementara kendaraan yang sehat adalah sepeda, becak, gerobak (kita sebagai penariknya).

yang terjadi adalah; sewaktu gw mempunyai kendaraan gw pertama kali (motor), gw menjadi pemalas. yang tadinya gw jalan kaki, semenjak punya motor malah naik motor gw menjadi pemalas. beli makan pakai motor, berangkat ke halte pakai motor, ke mall pakai motor, jajan ke warung depan rumah pakai motor, ke WC pun pakai motor. jadi sekarang pilihlah kendaraan yang bisa membakar lemak sekaligus, misalnya; mobil yang di dorong, bus yang didorong dll.

3. porsi makan yg bertambah

dahulu gw makan dengan nasi setengah piring sudah kenyang (pahe). tapi semenjak saat makan makanan enak dengan porsi satu piring full, semuanya berubah. berpikir nasehat orang tua yg; "habisin makanannya nanti kalau tidak mubazir", "kalau enggak habis itu mencerminkan orang yang gak pernah selesai kerjanya" dll. dan pada saat itulah satu piring tadi habis, dan hari berikutnya dan hari berikutnya. mungkin juga karena enggak mau rugi juga bayar makanan mahal, hehe.. . dan ini menimbulkan efek perubahan standar porsi makan, yang tadinya setengah piring sudah kenyang menjadi tidak kenyang. dan harus satu piring agar bisa kenyang.

4. pola makan yg berubah

kuliah dan kerja membuat gw kehilangan waktu normal untuk makan. akibatnya gw baru bisa makan setelah sepulang kuliah, yaitu lewat jam 9 malam. kita semua tahu bahwa waktu malam itu adalah waktu dimana perut kita bekerja optimum untuk mencerna. dan makan terlalu malam dapat mengurangi optimasi proses pencernaan tadi. akibatnya outlet yang harusnya 10 ton, berkurang menjadi 5 ton. dengan sisanya yang terakumulasi dalam tubuh.

5. depresi tingkat tinggi

gw sering kali depresi. entah depresi karena pekerjaan, perasaan terhadap wanita atau juga dapat karena hobi yang tidak tersalurkan (hobi macul misalnya *cuma anak smakbo jaman gw yg tau makna dari kata-kata ini). dan sifat gw apabila mengalami depresi tingkat tinggi adalah makan yang banyak, makan yang enak. inilah bentuk pelarian yang fatal.

6. Tubuh yang sudah tidak bertumbuh (bertambah tinggi)

ini merupakan faktor yang sangat pasti menimpa orang-orang berumur 21 tahun ke atas. Dimana ketika kita dahulu, banyak makan di imbangi dengan perluasan daerah penyimpanan (tubuh) dengan cara bertambah tinggi badan. Tapi seiring berjalanannya waktu, pertumbuhan tulangpun berhenti. Sehingga sewaktu kita menambah asupan makanan, tidak disertai bertambahnya luas. Dan otomatis tubuh memperluasnya dengan jalan yang lain. Yaitu membuat tempat cadangan lemak.

and well.. tampaknya itulah penyebab gw menjadi gemuk. dan yang pasti, gemuk itu tidak sehat, gemuk itu tidak seksi, gemuk itu membatasi kekuatan, gemuk itu dijauhi gebetan.. dan gw harus ideal! *optimis

Published with Blogger-droid v2.0.4

Comments

Popular posts from this blog

Bagusan Model Sepatu Jaman Dulu!

Catatan Perjalanan Gunung Patuha; Kawah Yang Terlupakan

Mengakali "Life Hack" Colokan di Luar Negri